Follow by Email

Selasa, 13 Maret 2012

Si manis Coklat


Teman-teman semua pasti tidak asing lagi dengan makanan coklat,,ya namanya coklat sesuai dengan warnanya yang juga coklat. Rasanya yang manis dan enak,pasti pada ketagihan jika telah mencicipinya (bagi yang suka coklat hehehe,termasuk saya),kalau yang tidak suka coklat mau di jadikan makanan dengan bentuk dan segala campuran pun pasti mundur untuk mencicipinya apalagi memakanya,lebay ya.
Berdasarkan informasi di website VOA Indonesia 16 pebruari 2012 tentang "Konsumsi Sedikit Cokelat Baik bagi Kesehatan",banyak sekali manfaat dari memakan makanan coklat ini diantaranya dapat menyehatkan jantung,mengencerkan darah sehingga memperlancar peredaran darah. Coklat mengandung Flavonoids dari coklat pekat.Flavonoids adalah nutrisi yang ditemukan pada berbagai jenis tanaman. Nutrisi ini melindungi tanaman dari berbagai penyakit dan serangga dan jika kita memakan flavonoids maka akan memacu sistem kekebalan kita untuk memproduksi enzim,protein yang mengurangi resiko penyakit kanker,menurunkan tekanan darah,penyakit jantung dan penyakit-penyakit lain yang berkaitan dengan penuaan. Ya itu manfaatnya,sangat banyak sekali ya teman manfaat dari makanan manis ini (salut banget deh ma makanan yang satu ini). Tak cukup dari segi manfaatnya bagi kesehatan,coklat ini pun memiliki makna tersendiri bagi kehidupan kita,seperti di saat hari valentine (bagi yang merayakannya kali ya,,,)hedddeh bejibun insan-insan membeli coklat buat sang pujaan hati,sampai-sampai tu toko makanan menganti semua makanannya menjadi makanan berbahan dasar coklat.
Tapi,apakah teman-teman tau bahwa dari coklat ini pun dapat menimbulkan masalah bagi kehidupan?ya jika kita mengonsumsinya dalam jumlah besar,maka akan berakibat sebaliknya menimbulkan penyakit,contohnya sakit perut,intoleransi laktosa dan kegemukan karena coklat mengandung lemak yang cukup tinggi. Nah dari kegemukan (obesitas) ini akan menimbulkan penyakit-penyakit yang justru sebaliknya seperti jantung dan juga bisa menyebabkan kanker. Bukannya sehat tapi tambah sakit ya jika terlalu banyak memakannya.Hmmm ternyata benar "segala sesuatu jika berlebihan akan memberikan yang tidak baik".Tak hanya itu bahkan limbah yang di hasilkan dari pembuatan coklat pun dapat mencemari lingkungan. Limbah yang di hasilkan dari pembuatan coklat adalah kulit kakaonya,jika kita tidak segera mendaur ulangnya maka akan mencemari lingkungan,dan zat-zat yang bersifat toksin akan membahayakan kehidupan makhluk hidup seperti yang terjadi di Amerika. Maka dari itu sebaiknya kita tidak berlebihan mengonsumsi coklat,karena segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak yang tidak baik. Ini merupakan pelajaran baru bagi saya dan smoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar