Follow by Email

Selasa, 24 April 2012

Lebah madu yang memiliki banyak manfaat


 

Lebah madu,,,sudah pasti hewan yang tidak asing lagi bagi kita.Lebah madu merupakan hewan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia dan termasuk kedalam ordo Hymenoptera. Lebah madu ini memiliki 3 pasang kaki,2 mata campuran disusun dari beribu-ribu lensa kecil, 3 mata sederhana di atas kepala, 2 pasang sayap, kantong madu, dan perut,lebah ini mampu mengepakkan sayap 11,400 kali per menit,lebah madu dapat terbang sejauh 6 mill dari sarangnya dengan kecepatan setara 15 mill per jam. Sepanjang hidupnya lebah terbang sejauh 90.000 mill atau setara dengan tiga kali keliling bola bumi hanya untuk mendapatkan satu pond madu,,,subhanallah perjuangan yang sangat menakjubkan. Namun pada saat ini jumlah lebah madu mengalami penurunan berdasarkan yang saya baca di situs VOA Indonesia tanggal 24 april 2012 yang berjudul Pakar Lebah AS Galang Upaya Atasi Penurunan Jumlah Lebah Madu  Jika hal ini tidak dapat di atasi bisa jadi beberapa tahun kedepan lebah madu akan mengalami kepunahan. Hal ini tidak dapat dibiarakan mengingat lebah madu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Beberapa manfaat dari lebah madu yaitu :

 1. Membantu dalam proses penyerbukan tanaman,hal ini sangat membantu dalam bidang pertanian untuk pengembangbiakan tanaman.

 2. Lebah madu menghasilkan suatu zat cairan manis yang biasa kita sebut madu. Madu merupakan minuman yang banyak sekali manfaatnya. Kemanfaatan madu ini telah ada di dalam Al-Qur'an pada surat An Nahl (lebah madu)dalam salah satu ayatnya yaitu ayat 68-69 tertulis :
 " Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir"

 3. Sengatan lebah yang sangat berbahaya untuk membunuh musuhnya ternyata dapat menyembuhkan penyakit reumatik. Saya rasa masih banyak manfaat dari lebah madu ini. Adapun beberapa penyebab lebah madu mengalami penurunan jumlah,disebabkan karena jauhnya perjalanan yang dilakukan lebah-lebah itu untuk melakukan penyerbukan, hal itu memicu penyebaran penyakit lebah. Sebab lain adalah penyemprotan obat anti-serangga atau pestisida terhadap koloni lebah,selain itu dalam proses pengambilan madu di hutan dimanana untuk mengambil madu digunakan asap untuk mengusir koloni lebah madu dan membiarkan lebah tersebut pergi membuat sarang baru tanpa ada upaya pemeliharaan dan mengembangbiakannya.Sangat memprihatinkan.
Maka dari itu kita wajib memelihara dan mengembangbiakan lebah madu ini agar tidak punah,beberapa cara yang dapat digunakan yaitu :

 1. Membuat tempat perkembangbiakan lebah madu.

 2. Tidak menggunakan pestisida sebagai pembasmi serangga,coba beralih dengan menggunakan sistem predator alami agar tidak mempengaruhi jenis serangga lainnya yang bermanfaat.

 3. Dalam pengambilan madu secara tradisional usahakan dalam proses pengambilannya tidak terus-menerus,hal ini untuk memberikan waktu bagi lebah madu melakukan perkembangbiakan dengan demikian populasi lebah madu tetap lestari.

Untuk itu,tak ada lagi alasan menunda pemeliharaan lebah madu ini,jika kita memanfaatkannya berarti kewajiban kita adalah memeliharanya.

Beberapa jenis lebah madu :
1. Apis cerana (lebah madu asia).


Apis cerana merupakan lebah madu asli asia yang menyebar mulai afganistan,China, jepang sampai Indonesia.
2. Apis mellifera (Lebah madu barat)


Apis mellifera merupakan lebah madu import dari italia yang memiliki temperamen tidak tegas,mudah dibudidayakan dan ukuran tubuhnya besar.
3. Apis dorsata (Lebah madu raksasa)


Lebah ini hanya berkembang di Asia seperti India, Philipina,China,Indonesia. Madu dari spesies ini lebih dikenal dengan madu alam atau madu hutan.
4. Apis florea (Lebah madu kurcaci)


Lebah ini terdapat di Oman,Iran,India dan Indonesia. Lebah ini dapat hidup bersama-sama dengan lebah Apis mellifera,Apis cerana dan Apis dorsata.
5. Apis nigrocincta (Lebah madu lokal sulawesi)


Lebah ini adalah spesies lebah madu yang mendiami pulau Mindanau di Filipina serta pulau-pulau Indonesia Sangihe dan Sulawesi.
6. Apis koschevnikovi (Lebah madu merah)


Lebah ini mendiami Malaysia dan Borneo Indonesia.

http://alam-hewan.blogspot.com/2011/07/jenis-jenis-lebah-madu.html#axzz1tO7H6Mkv

7 komentar:

  1. terjumpa info ni, juga pasal madu lebah … sharing is caring :) - Pencipta Anda Yang Syorkan Madu!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya lebah madu sekarang semakin berkurang jumlahnya.....
      kita perlu memeliharanya...
      trimakasih sudah mampir di blog saya :)

      Hapus
  2. Prihatin dengan masalah tersebut diatas.Semoga sukses ya. Mohon beri komentar pada tulisanku yang ini ya - Indonesia mendunia lewat Gamelan dan juga yang ini - Memanusiawikan Lingkungan Sungai Ciliwung dan Sekitarnya

    BalasHapus
  3. terimakasih bro..
    smoga sukses juga...

    BalasHapus
  4. banyak kahasiatnya madu lebah.

    BalasHapus
  5. trima kasih sangat bermanfaat, sudah 2 hari yg lalu di daerah solok selatan saya di sengat+dikeroyok+dkejar" dan masih terasa pegal juga bngkaknya. Semoga mhluk bnyak manfaat ini lestari

    BalasHapus